Intip 7 Tren Bisnis Digital Tahun 2025 yang Harus Kamu Ketahui

Berita Thumbnail
Rabu, 28 Mei 2025

Intip 7 Tren Bisnis Digital Tahun 2025 yang Harus Kamu Ketahui

Dunia bisnis digital tahun 2025 penuh dengan inovasi dan perubahan seru yang wajib kamu ikuti biar nggak ketinggalan. 

Apa saja trennya? Cari tahu di artikel ini, yuk!

Dunia Bisnis Digital Gak Pernah Diam 

Kalau ada satu hal yang pasti di dunia bisnis digital, itu adalah perubahan yang nggak pernah berhenti! 

Yap, kamu nggak salah dengar, karena baru beberapa hari aja, rasanya sudah ada inovasi baru, platform baru, atau cara baru yang lebih efektif buat menjalankan bisnis secara online

Apa yang menjadi tren besar tahun lalu, bisa jadi tahun 2025 ini udah terasa biasa aja, atau bahkan mulai digantikan sama teknologi atau strategi lebih canggih dan relevan.

Buat kamu, Generasi Z, yang memang lahir dan tumbuh besar berdampingan dengan teknologi, dinamika seperti ini sebenarnya sudah biasa dan menjadi tantangan seru, kan? 

Kamu memiliki keunggulan karena cepat beradaptasi dan punya intuisi alami terhadap perkembangan digital. 

Namun, biar nggak cuma jadi pengguna pasif atau ikut-ikutan tren tanpa arah, sangat penting bagi kamu benar-benar memahami pergerakan besar yang sedang dan akan membentuk lanskap bisnis digital ke depannya.

Nah, dengan memahami tren-tren bisnis digital, kamu bisa lebih jeli melihat peluang, mempersiapkan skill yang paling dibutuhkan, atau mulai merintis ide-ide baru.

Ini Dia 7 Tren Bisnis Digital yang Bakal Hype

1. AI dan Otomatisasi

Kamu pasti udah nggak asing lagi atau bahkan mungkin udah sering pakai tools AI generatif seperti ChatGPT, kan? 

Nah, teknologi AI kini sudah merevolusi cara bisnis beroperasi dan berinovasi.

Di tahun 2025 dan ke depannya, adopsi AI dan otomatisasi di berbagai sektor bisnis diprediksi bakal semakin masif.

Perusahaan-perusahaan berlomba-lomba mengintegrasikan teknologi ini untuk meningkatkan efisiensi operasional, memberikan pengalaman personal kepada konsumen, menganalisis data dengan cepat, hingga menciptakan strategi pemasaran digital yang lebih berdampak. 

Memahami dasar-dasar AI dan bagaimana otomatisasi bisa dimanfaatkan akan jadi skill penting yang membuka banyak pintu karir di masa depan, apapun bidang yang kamu pilih nanti.

2. Live Shopping dan Social Commerce

Live Shopping adalah acara demo produk atau review langsung dari penjual atau influencer lewat live streaming di platform seperti TikTok, Instagram, atau marketplace

Kamu bisa langsung tanya-tanya detail produk, lihat barangnya dipakai, dan sering ada promo atau diskon spesial yang hanya berlaku selama siaran langsung. 

Sementara itu, melalui social commerce, kamu bisa menemukan produk pilihan sampai proses pembayaran, semuanya dilakukan langsung di dalam aplikasi media sosial, tanpa perlu repot-repot pindah ke website atau aplikasi lain. 

Mengapa dua tren ini menjadi semakin digandrungi? 

Sebab, keduanya menawarkan pengalaman belanja yang personal, interaktif, dan membangun kepercayaan lebih cepat karena ada elemen interaksi langsung dan visualisasi produk secara real-time

Ke depannya, kemampuan untuk merancang strategi dan mengelola platform live shopping serta social commerce ini akan menjadi skill yang sangat dibutuhkan di dunia bisnis digital!

3. Model Bisnis Berlangganan (Subscription)

Siapa di antara kamu yang berlangganan Netflix buat nonton film atau Spotify buat dengerin lagu dari artis kesukaanmu?

Nah, itu adalah contoh dari model bisnis berlangganan atau subscription, yang di tahun 2025 ini semakin digandrungi banyak perusahaan dan konsumen. 

Jadi, pelanggan membayar biaya secara rutin (bulanan atau tahunan) untuk mendapatkan akses berkelanjutan ke layanan, konten eksklusif, produk fisik yang dikirim secara berkala, atau manfaat lainnya.

Kenapa model bisnis ini semakin digemari dan menjadi tren? 

Dari sisi perusahaan, subscription dapat menciptakan pendapatan stabil dan mudah diprediksi (recurring revenue). 

Selain itu, model ini juga membantu membangun hubungan erat dan loyalitas pelanggan karena interaksinya bersifat jangka panjang. 

Sementara dari sisi konsumen, model berlangganan menawarkan kemudahan, kenyamanan, dan akses ke berbagai layanan premium dengan biaya ringan karena dicicil per periode. 

4. Personalisasi Digital Marketing

Pernah nggak, sih, lagi scroll-scroll di media sosial atau buka e-commerce, tiba-tiba muncul iklan atau rekomendasi produk yang ‘kamu banget’? 

Nah, itu dia salah satu contoh dari personalisasi digital marketing, sebuah tren yang di tahun 2025 ini menarik hati pelanggan dengan menyampaikan pesan, penawaran, atau konten yang disesuaikan secara spesifik untuk segmen audiens. 

Caranya dilakukan berdasarkan pemahaman mendalam terhadap data perilaku mereka di dunia maya, seperti apa yang mereka klik, produk yang mereka lihat atau beli, konten yang mereka sukai, demografi, hingga riwayat interaksi mereka dengan brand

Ditambah bantuan teknologi seperti AI dan machine learning, perusahaan dapat menciptakan pengalaman personal dan unik untuk masing-masing pelanggannya.

Kenapa ini menjadi tren? 

Karena kita semua cenderung mengabaikan pesan-pesan generik dan nggak nyambung. 

Sementara personalisasi ini membuat interaksi antara brand dan konsumen lebih bermakna, meningkatkan engagement, membangun loyalitas, dan efektif dalam mendorong konversi atau penjualan. 

5. Keberlanjutan (Sustainability) dan Bisnis Ramah Lingkungan

Isu perubahan iklim, tanggung jawab sosial, dan dampak lingkungan semakin menjadi perhatian kita semua, kan? 

Nah, kabar baiknya, di tahun 2025 ini, tren sustainability dan praktik bisnis ramah lingkungan sudah menjadi prioritas dari strategi banyak bisnis digital. 

Bisnis yang berkelanjutan adalah operasi bisnis yang secara sadar memperhatikan dampaknya terhadap sosial (people) dan lingkungan (planet). 

Sementara bisnis ramah lingkungan menerapkan praktik-praktik yang bertujuan mengurangi jejak ekologis. 

Misalnya, menggunakan kemasan produk e-commerce yang mudah didaur ulang, mengoptimalkan logistik untuk mengurangi emisi karbon, atau mempromosikan produk dan layanan yang mendukung gaya hidup berkelanjutan.

Kenapa tren ini menguat dan sangat penting untuk kamu ketahui? 

Sebab, kesadaran konsumen terhadap isu-isu ini semakin tinggi! 

Konsumen cenderung lebih memilih dan loyal kepada brand-brand yang menunjukkan komitmen terhadap nilai-nilai keberlanjutan dan memiliki tanggung jawab sosial.

6. Keamanan Siber (Cybersecurity)

Keamanan siber tentang bagaimana sebuah bisnis melindungi semua aset digital pentingnya. 

Mulai dari website perusahaan, aplikasi seluler, data pelanggan, informasi keuangan, hingga rahasia dagang, semuanya harus dijaga dari berbagai serangan dunia maya, seperti peretasan, pencurian data, malware, atau phishing.

Semakin banyak aktivitas kita yang pindah ke ranah online, artinya semakin banyak juga data sensitif yang beredar dan menjadi target potensial. 

Para penjahat siber juga nggak pernah berhenti cari celah. Makanya, di tahun 2025 ini, kesadaran dan investasi perusahaan untuk membangun dan memperkuat keamanan sibernya itu menjadi prioritas utama.

7. Pengembangan dan Pemanfaatan Metaverse

Metaverse adalah konsep ruang virtual bersama yang imersif dan interaktif. 

Artinya, orang bisa bekerja, belajar, bersosialisasi, berbelanja, bahkan menghadiri acara layaknya di dunia nyata, tetapi dalam format digital tiga dimensi.

Di tahun 2025, banyak perusahaan mulai melihat potensi besar Metaverse untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang benar-benar baru, unik, dan lebih mendalam (immersive). 

Teknologi pendukungnya, yakni Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR), juga terus berkembang menjadi lebih canggih dan terjangkau.

Siapkah Kamu Menyambut Era Bisnis Digital?

Setelah kita mengetahui bersama 7 tren utama yang sedang dan akan terus membentuk dunia bisnis digital di tahun 2025 ini, mungkin terasa berat karena banyak sekali hal yang harus dipelajari, ya.

Namun, sebagai generasi Z yang tumbuh besar berdampingan dengan teknologi, kamu sebenarnya sudah punya modal awal dan intuisi untuk beradaptasi di era digital, lho!

Kuncinya ada pada kemauan untuk terus belajar (curiosity), kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat (adaptability), dan membekali diri dengan pengetahuan serta keterampilan yang tepat.

Memilih jalur pendidikan yang mempersiapkanmu dengan skill-set relevan dan pemahaman bisnis digital mendalam adalah langkah awal yang bagus!

Kamu bisa memilih jurusan Bisnis Digital sebagai permulaan! Di jurusan ini, kamu akan dibekali pemahaman mendalam seputar bisnis di era digital.

Mata kuliahnya meliputi UI/UX Designer, Social Media Marketing, Digital Marketing, Internet of Things (IoT), dan masih banyak lagi yang relevan!

Nah, salah satu universitas terbaik yang menyediakan konsentrasi Bisnis Digital adalah Universitas Trisakti, di bawah Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB) program Sarjana (S1) Manajemen.

Mulai semester 2, kamu yang memilih konsentrasi ini akan mendalami mata kuliah seputar bisnis digital.

Diajar oleh para dosen kompeten dan berpengalaman, plus didukung fasilitas modern dan super lengkap, pengalaman belajarmu dijamin menyenangkan!

Yuk, segera daftarkan diri di Manajemen FEB Universitas Trisakti!

Sambut masa depan dengan optimisme, persiapkan dirimu dengan bekal ilmu dan keterampilan terbaik, dan jadilah bagian dari generasi pemimpin industri digital Indonesia di masa mendatang!

Berita Populer

Semua Berita

Agenda Terdekat

Semua Agenda
Floatin Button