- Jalan Kyai Tapa No. 1 Grogol
- Jakarta Barat, Indonesia
- Phone: (62-21) 566 3232
- Fax: (62-21) 564 4270
- Email: humas@trisakti.ac.id
Bedah Kurikulum Bisnis Digital Trisakti, Relevan & Berbasis Industri

Bedah Kurikulum Bisnis Digital Trisakti, Relevan & Berbasis Industri
Bingung mencari program studi apa yang benar-benar bisa membekalimu dengan keterampilan praktis untuk sukses berkarier di industri digital, bukan hanya teori semata?
Sudah kenal dengan jurusan Bisnis Digital belum?
Kuliah Bisnis Digital Itu Ngapain Aja Sih?
Singkatnya, kamu akan mempelajari berbagai ilmu dan keterampilan untuk bagaimana membangun serta mengembangkan sebuah bisnis agar bisa berhasil di ranah digital.
Kamu akan mendalami bagaimana teknologi digital—mulai dari internet, media sosial, aplikasi, hingga pemanfaatan data— bisa diintegrasikan dalam berbagai aspek operasional dan strategis sebuah bisnis.
Contohnya, bagaimana cara memasarkan produk atau jasa secara online (digital marketing).
Kemudian, kamu juga akan belajar bagaimana menjual produk dan mengelola operasional toko online (e-commerce).
Hingga, bagaimana menganalisis data pelanggan dan tren pasar untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis.
Lebih lanjut, kamu juga akan dilatih untuk merancang strategi bisnis agar dapat bersaing, serta bagaimana mengembangkan ide-ide inovatif dengan memanfaatkan teknologi.
Jadi, esensi dari kuliah Bisnis Digital adalah menjadi ahli dalam memadukan prinsip-prinsip bisnis fundamental dengan penerapan teknologi digital terkini.
Kamu disiapkan untuk membantu perusahaan berkembang pesat di dunia maya, atau bahkan merintis usahamu sendiri dari nol!
Kurikulum Bisnis Digital Trisakti Dibuat untuk Siapkan Lulusan Siap Kerja
Kamu pasti pengen ‘kan, setelah lulus kuliah nanti bisa langsung ‘nyambung’ dengan dunia kerja dan punya bekal ilmu yang benar-benar relevan?
Nah, konsentrasi Bisnis Digital di S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Trisakti punya visi kurikulum, yakni untuk menyiapkan lulusannya benar-benar siap kerja dan mampu bersaing di industri digital yang dinamis.
Pertama, kurikulum Bisnis Digital Trisakti berfokus menggabungkan antara pemahaman fundamental bisnis, penguasaan teknologi digital terkini, dan pengembangan kreativitas.
Jadi, kamu nggak hanya diajarkan teori bisnisnya saja, tetapi juga dilatih bagaimana menerapkan teknologi secara cerdas dan berpikir inovatif untuk menciptakan solusi atau peluang baru di dunia digital.
Kedua, desain kurikulumnya juga sudah dirancang untuk menjawab tantangan dan kebutuhan era Industri 4.0 serta Society 5.0.
Artinya, materi pembelajaran dan keahlian yang akan kamu dapatkan sudah dipersiapkan untuk masa depan, saat teknologi pintar, data besar, dan konektivitas super cepat menjadi bagian tak terpisahkan dari dunia bisnis.
Hal ini juga selaras dengan tagline Universitas Trisakti, ‘One Stop Learning for Sustainable Development’, yang menekankan pentingnya pendidikan yang berkelanjutan, inovatif, dan berbasis teknologi.
Terakhir, dan sangat penting, kurikulum Bisnis Digital Trisakti sangat fleksibel dan responsif terhadap perkembangan dunia digital yang perubahannya super cepat.
Mata kuliah dan metode pembelajarannya terus di-review dan disesuaikan agar kamu selalu mendapatkan ilmu paling update dan keterampilan yang paling dibutuhkan oleh industri.
Hasilnya, kamu diharapkan menjadi talenta digital yang adaptif, kompeten, dan siap memberikan kontribusi nyata begitu lulus nanti.
Ini Dia Mata Kuliah yang Akan Kamu Pelajari
Sebagai mahasiswa di konsentrasi Bisnis Digital, kamu akan menempuh total 144 SKS.
Mulai semester kedua, mata kuliah yang kamu ambil akan mulai terspesialisasi dan berbeda dengan mahasiswa S1 Manajemen lainnya, yakni lebih fokus untuk mengasah keahlianmu di bidang bisnis digital.
Beberapa mata kuliah pembeda dan unggulan yang akan kamu temui di Bisnis Digital, yakni:
1. Website Design and Development
Kamu akan praktik langsung bagaimana caranya merancang dan membangun website yang nggak cuma keren dari segi tampilan, tetapi juga fungsional dan efektif untuk tujuan bisnis.
2. Praktikum Digital Marketing
Kamu akan terjun langsung mempraktikkan berbagai strategi pemasaran digital, mulai dari riset, perencanaan, eksekusi, hingga evaluasi kampanye.
Jadi, bukan sekadar belajar teori aja!
3. Social Media Marketing
Mendalami seluk beluk pemanfaatan berbagai platform media sosial (Instagram, Tiktok, X, dll) untuk membangun brand awareness, engagement, hingga penjualan.
4. Design Thinking and Innovation
Mengasah kemampuanmu untuk berpikir kreatif, berempati pada pengguna, dan menghasilkan solusi-solusi inovatif untuk berbagai permasalahan bisnis menggunakan pendekatan design thinking.
5. Sustainability E-Commerce
Belajar bagaimana membangun dan mengelola bisnis e-commerce yang tak cuma mengejar profit, tetapi juga berkelanjutan, etis, dan bertanggung jawab terhadap lingkungan serta sosial.
6. Agile & Green Business
Memahami bagaimana menjalankan operasional bisnis yang lincah (agile) dan mampu beradaptasi dengan cepat, sekaligus menerapkan prinsip-prinsip green business yang ramah lingkungan.
7. Praktikum IoT (Internet of Things)
Kamu akan dikenalkan dan praktik langsung dengan teknologi IoT yang diprediksi bakal semakin masif penggunaannya di berbagai sektor bisnis masa depan.
Selain mata kuliah unggulan tersebut, masih banyak mata kuliah fundamental dan pendukung lainnya yang akan memperkuat kompetensimu, seperti Digital Marketing Method Research, Technopreneurship, hingga Project Negotiation.
Dan itu baru sebagian, lho! Masih ada lagi mata kuliah menarik lainnya yang siap membekalimu jadi talenta digital kompeten, adaptif, dan siap bersaing di dunia kerja.
Seluruh rangkaian kurikulum ini dirancang secara cermat untuk mengakomodasi kebutuhan pasar akan profesi-profesi digital seperti Data Analyst, Fintech Analyst, Digital Marketing Specialist, dan Digital Business Consultant.
Kolaborasi dan Pembelajaran dari Praktisi Industri
Kuliah di Bisnis Digital Trisakti menekankan kolaborasi aktif dengan teman-teman sekelasmu dan kesempatan untuk menyerap ilmu langsung dari para praktisi yang sudah berpengalaman di industri digital.
Kenapa, sih, kolaborasi itu penting banget?
Karena di dunia kerja nanti, hampir semua proyek besar dan inovasi keren itu lahir dari kerja tim. Kamu nggak mungkin bisa sukses sendirian.
Makanya, sejak di bangku kuliah, kamu akan sering diajak untuk mengerjakan berbagai tugas dan proyek secara berkelompok, memecahkan studi kasus bisnis digital bersama-sama, dan terlibat dalam diskusi intensif untuk menghasilkan ide-ide kreatif dan solusi inovatif.
Lewat semua proses kolaboratif ini, kamu nggak cuma paham materi kuliahnya, tetapi juga secara otomatis mengasah kemampuan komunikasi, negosiasi, empati, cara menghargai perspektif berbeda, dan pastinya, kerja sama dalam tim!
FEB Trisakti juga berkomitmen untuk menjembatani dunia akademik dengan kebutuhan praktik di industri.
Salah satunya diwujudkan dengan memberikanmu kesempatan untuk belajar dari para profesional dan praktisi yang memang sudah terjun langsung dan sukses di bidangnya.
Kamu akan dibimbing oleh dosen-dosen yang tak hanya kuat secara akademis, tetapi juga memiliki pemahaman industri mendalam.
Sebagai gambaran, di konsentrasi Bisnis Digital ini, kamu akan bertemu dengan pengajar seperti:
- Arnolt Kristian Pakpahan, ST. MM, CMA, CPMA, CDMS., yang memiliki fokus keahlian di bidang Digital Marketing.
- Iwan Ekawanto, SE. MM, CMA, CDMS., dengan penguasaan mendalam pada Digital Business.
- Rayi Retno Dwi Asih, SE, MM, CMA, CDMS., yang ahli dalam Information Management System.
- Dr. Ryan Johan Sembiring, ST, MT, MM, CDMS., seorang pakar di bidang Internet of Things (IoT).
Para dosen ini tidak hanya berbagi ilmu dan pengalaman praktis di kelas, tetapi banyak juga yang aktif menghasilkan luaran berupa publikasi di jurnal nasional maupun internasional bereputasi.
Artinya, kamu akan mendapatkan insight terkini, studi kasus riil dari industri, dan pemahaman mendalam langsung dari para ahlinya.
Jadi, Siap Melangkah ke Masa Depan Digital?
Setelah membedah kurikulum konsentrasi Bisnis Digital di FEB Universitas Trisakti, mulai dari visi, mata kuliah unggulan, hingga metode belajar kolaboratif dan melibatkan praktisi industri, pastinya kamu jadi punya gambaran yang lebih jelas ‘kan?
Kesempatan untuk menjadi bagian dari generasi digital yang kompeten, adaptif, dan siap memberikan dampak positif ada di depan mata.
FEB Universitas Trisakti, melalui program S1 Manajemen konsentrasi Bisnis Digital, menawarkan kesempatan untuk kamu memulai perjalanan tersebut.
Inilah saatnya kamu mengambil langkah berani!
Yuk, daftarkan dirimu sekarang dan mulai jadi bagian dari Manajemen FEB USAKTI!