- Jalan Kyai Tapa No. 1 Grogol
- Jakarta Barat, Indonesia
- Phone: (62-21) 566 3232
- Fax: (62-21) 564 4270
- Email: humas@trisakti.ac.id
Cara Daftar Konsentrasi Bisnis Digital Trisakti, Mudah & Cepat

Cara Daftar Konsentrasi Bisnis Digital Trisakti, Mudah & Cepat
Dunia bisnis digital sekarang ini sedang menjadi pusat perhatian dan pilihan favorit banyak anak muda buat merintis karir masa depan.
Apalagi dengan perkembangan teknologi yang super cepat dan semua serba online, nggak heran kalau lulusan dari bidang ini punya segudang peluang kerja dan menjadi rebutan di berbagai macam industri.
Misalnya, kamu bisa menjadi seorang Digital Marketer, UI/UX Designer, Social Media Specialist, dan banyak lagi!
Nah, kalau kamu sudah memutuskan untuk menjadi bagian dari talenta digital yang paling dicari, langkah pertama yang paling penting adalah memilih program studi Bisnis Digital untuk mengasah semua potensimu.
Salah satu universitas terbaik yang menyediakan konsentrasi Bisnis Digital adalah S1 Manajemen FEB Universitas Trisakti!
Kenapa Harus Pilih Konsentrasi Bisnis Digital FEB Trisakti?
1. Mata Kuliah Up-to-date dan Relevan!
Mengacu pada tagline Universitas Trisakti, ‘One Stop Learning for Sustainable Development’, kamu akan mempelajari bidang bisnis digital yang fokus pada inovasi teknologi dan berkelanjutan.
Mata kuliahnya juga disesuaikan dengan kebutuhan industri era Industri 4.0 dan Society 5.0 agar ilmu yang kamu dapat dijamin fresh dan aplikatif.
Mulai semester 2, kamu yang memilih konsentrasi ini akan mempelajari lebih dalam tentang dunia bisnis digital, seperti Social Media Marketing, Practicum of Digital Marketing, Design Thinking and Innovation, Internet of Things (IoT), Website Design and Development, UI/UX Design, dan banyak lagi!
2. Akreditasi Unggul
Konsentrasi Bisnis Digital berada di bawah program studi S1 Manajemen.
Nah, S1 Manajemen FEB Trisakti sudah mendapatkan jaminan kualitas dari Akreditasi Unggul dari BAN-PT, lho!
3. Diajar oleh Dosen Berkualitas yang Ahli di Bidangnya!
Selama kuliah di FEB Trisakti, kamu akan dibimbing oleh tim dosen dengan kualifikasi akademik yang kuat dan pengalaman praktis di dunia ekonomi dan bisnis.
Khusus untuk konsentrasi Bisnis Digital, kamu akan mendapatkan pengajaran langsung dari para dosen yang memang ahli di bidangnya.
Beberapa di antara mereka adalah:
- Arnolt Kristian Pakpahan, ST. MM, CMA, CPMA, CDMS., dengan bidang ahli Digital Marketing.
- Iwan Ekawanto, SE. MM, CMA, CDMS., dengan bidang ahli Digital Business.
- Rayi Retno Dwi Asih, SE, MM, CMA, CDMS., dengan bidang ahli Information Management System.
- Dr. Ryan Johan Sembiring, ST, MT, MM, CDMS., dengan bidang ahli Internet of Things (IoT).
Kerennya lagi, para dosen ini juga sangat produktif dalam penelitian dan aktif mempublikasikan karya ilmiah mereka di jurnal-jurnal bereputasi.
4. Fasilitas Akademik yang Mendukung Proses Belajar
Agar proses belajarmu di konsentrasi Bisnis Digital berjalan optimal, FEB Universitas Trisakti telah menyiapkan serangkaian fasilitas yang lengkap dan modern.
Kamu bisa memanfaatkan:
- Laboratorium Komputer dan Digital;
- Studio Multimedia dan Konten Digital;
- Akses internet cepat dan platform e-learning;
- Co-working space;
- Ruang belajar;
- Ruang kreativitas;
- Perpustakaan konvensional dan digital;
- Sarana olahraga dan kesenian;
- Ruang terbuka hijau.
Selain fasilitas fisik, FEB Trisakti juga memfasilitasi akses magang ke berbagai mitra industri agar kamu bisa menerapkan ilmu secara langsung di dunia kerja.
5. Lokasi Kampus Strategis
Kampus A FEB Trisakti terletak di Grogol, Jakarta Barat, mudah dijangkau menggunakan KRL turun di stasiun Grogol atau TransJakarta turun di Halte Grogol Reformasi.
Begitu pula Kampus F di Jenderal Ahmad Yani, Cempaka Putih, Jakarta Timur, yang bisa kamu akses menggunakan TransJakarta.
Pahami Dulu Jalur Masuk & Persyaratan Umumnya!
Tertarik daftar dan menjadi bagian dari Manajemen FEB Trisakti?
Ada baiknya kamu pahami dulu, yuk, seluk-beluk proses penerimaan mahasiswa baru di Universitas Trisakti, khususnya untuk konsentrasi Bisnis Digital di S1 Manajemen FEB.
1. Ujian Saringan Masuk (USM)
Biaya USM: Rp 500.000/USM (Pembayaran USM Terakhir H-2 Sebelum USM)
Awal Pendaftaran: 1 Desember 2024
Akhir Pendaftaran: 7 Agustus 2025
Jadwal USM: 15 Juni 2025, 13 Juli 2025, 27 Juli 2025, dan 10 Agustus 2025
Kamu akan mengikuti tes seleksi tulis yang diselenggarakan oleh Trisakti. Materinya mencakup Tes Potensi Akademik (TPA) dan kemampuan dasar lainnya.
Persyaratan umum:
- Pas foto terbaru berukuran 4 x 6 cm dengan latar belakang berwarna biru;
- Scan kartu identitas (KTP/Kartu Pelajar);
- Lulusan SMA IPA/IPS atau SMK yang sesuai.
Prosedur pendaftaran:
- Kunjungi website https://spmb.trisakti.ac.id/;
- Isi formulir dan unggah syarat pendaftaran yang diminta;
- Lakukan pembayaran biaya seleksi ke VA yang tertera pada akun SPMB;
- Ikuti USM berupa TPA dan kemampuan dasar lainnya;
- Hasil seleksi akan diumumkan melalui https://spmb.trisakti.ac.id/;
- Setelah diterima, bayar biaya kuliah ke VA yang tertera pada akun SPMB.
- Lakukan registrasi mahasiswa baru dan kamu siap mengikuti perkuliahan!
2. Jalur Rapor/PSSB dan Portofolio
Biaya pendaftaran: Tidak dikenakan biaya pendaftaran
Awal Pendaftaran: 1 Desember 2024
Akhir Pendaftaran: 17 Agustus 2025
Kalau kamu punya nilai rapor yang bagus dari semester 1 sampai 5, jalur ini bisa menjadi pilihan.
Kamu hanya perlu mengirimkan berkas nilai rapor dan dokumen pendukung lainnya, tanpa perlu ikut tes tulis.
Begitu pula dengan jalur portofolio. Kamu cukup mengunggah berkas dan portofolio yang diminta.
Persyaratan umum jalur rapor:
- Calon mahasiswa adalah lulusan SMA/MA/SMK/Paket C/SMTA luar negeri 3 tahun terakhir
- Tidak pernah tinggal kelas selama di SMA/MA/SMK.
- Mempunyai prestasi dan potensi akademik yang baik.
- Mengisi nilai rapor dan mengunggah scan rapor berwarna Kelas 10 dan 11
- Mengisi peringkat Akreditasi Sekolah dan Tahun Akreditasi.
Persyaratan umum jalur portofolio:
- Portofolio yang dimiliki, seperti pengalaman kerja, pengalaman mengikuti pelatihan, prestasi sebagai atlet, dll.
Prosedur pendaftaran:
- Kunjungi website https://spmb.trisakti.ac.id/;
- Isi nilai rapor (untuk jalur rapor) dan unggah syarat pendaftaran serta portofolio (untuk jalur portofolio);
- Berkasmu akan diverifikasi dan diseleksi;
- Lihat pengumuman hasil seleksi di https://spmb.trisakti.ac.id/;
- Lakukan pembayaran biaya kuliah ke VA yang tertera pada akun SPMB.
- Lakukan registrasi mahasiswa baru dan kamu siap mengikuti perkuliahan!
3. Jalur Mahasiswa Pindahan dan RPL-TK
Biaya pendaftaran/Biaya penyetaraan nilai: Rp750.000
Awal Pendaftaran: 1 Desember 2024
Akhir Pendaftaran: 1 Agustus 2025
Jika saat ini kamu berstatus mahasiswa aktif di perguruan tinggi lain dan ingin melanjutkan studi di konsentrasi Bisnis Digital di Manajemen FEB Trisakti.
Ini juga berlaku bagi kamu lulusan D3 yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan ke tingkat Sarjana (S1).
Melalui jalur ini, sejumlah mata kuliah dan SKS yang sudah kamu tempuh di kampus asal dapat diakui dan disetarakan.
Jadi, kamu bisa melanjutkan studi tanpa harus mengulang dari awal sepenuhnya.
Persyaratan Umum:
Status Mahasiswa & Akademik:
- Kamu tidak berstatus drop out (DO) dari perguruan tinggi asal dan masa studimu di sana tidak lebih dari 5 semester—untuk pindahan program sarjana ke sarjana;
- Kamu sudah menjalani kuliah minimal 2 semester dengan IPK minimal 2,50 (untuk pindahan S1 ke S1) atau IPK minimal 2,75 (untuk lulusan D3 yang lanjut ke S1);
- Program studi asalmu harus memiliki akreditasi minimal B dari BAN-PT dan terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) Kemdikbud;
- Jumlah SKS yang sudah kamu peroleh di perguruan tinggi asal harus memenuhi ketentuan minimal sejumlah semester ditempuh dikali 12 SKS, tanpa nilai D dan E;
- Bersedia mengikuti tes seleksi yang ditentukan oleh FEB Trisakti.
Dokumen Administrasi Utama:
- Transkrip akademik resmi dari perguruan tinggi asal yang sudah dilegalisir;
- Ijazah Diploma atau Surat Keterangan Lulus (SKL) yang dilegalisir (khusus pindahan dari program D3 ke S1);
- Surat keterangan pindah resmi dan status terakhir sebagai mahasiswa dari perguruan tinggi asal;
- Sertifikat atau bukti akreditasi program studi dari perguruan tinggi asal, bisa berupa cetakan dari website BAN-PT;
- Bukti bahwa namamu tercantum di PDDIKTI, berupa screenshot hasil pencarian di website PDDIKTI.
Prosedur Pendaftaran:
- Kunjungi portal resmi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Trisakti di https://spmb.trisakti.ac.id.
- Lengkapi formulir permohonan transfer/pindahan, masukkan data mata kuliah dan nilai yang sudah kamu tempuh, serta unggah semua dokumen persyaratan yang diminta.
- Lakukan pembayaran biaya pendaftaran atau biaya penyetaraan nila ke nomor VA di akun SPMB-mu.
- Tim admisi dan jurusan akan melakukan verifikasi data dan dokumenmu, serta memproses penyetaraan mata kuliah yang kamu ajukan.
- Cek pengumuman hasil seleksi dan penyetaraan mata kuliah melalui akunmu di website SPMB Trisakti.
- Jika dinyatakan diterima, kamu akan diminta untuk melakukan pembayaran biaya kuliah awal (SPP dan lainnya) sesuai ketentuan untuk mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM).
- Lakukan registrasi ulang sebagai mahasiswa baru FEB Universitas Trisakti.
- Selamat! Kamu siap mengikuti perkuliahan di Konsentrasi Bisnis Digital S1 Manajemen FEB Trisakti.
4. Jalur UTBK
Biaya pendaftaran: Tidak dikenakan biaya pendaftaran
Awal Pendaftaran: 16 Juni 2025
Akhir Pendaftaran: 17 Agustus 2025
Universitas Trisakti juga membuka jalur seleksi menggunakan nilai UTBK.
Kamu diberi kesempatan untuk memilih hingga 4 (empat) program studi pilihan, lho.
Persyaratan umum:
- Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat;
- Telah mengikuti dan memiliki nilai UTBK tahun berjalan, misalnya UTBK 2025 untuk pendaftaran di tahun 2025;
- Bersedia mengisi nilai UTBK secara online dan mengunggah scan sertifikat/hasil UTBK resmi saat melakukan pendaftaran;
- Melengkapi dokumen administrasi umum lainnya yang diperlukan.
Prosedur pendaftaran:
- Kunjungi website resmi PMB Universitas Trisakti di https://spmb.trisakti.ac.id;
- Lakukan registrasi untuk membuat akun pendaftaran, kemudian isi formulir pendaftaran online dengan lengkap dan benar;
- Masukkan nilai UTBK-mu dan unggah scan sertifikat/hasil UTBK beserta dokumen persyaratan lainnya yang diminta;
- Setelah kamu submit, panitia akan melakukan verifikasi terhadap berkas dan nilai UTBK yang kamu unggah. Untuk jalur ini, tidak ada tes tulis tambahan di Trisakti, karena seleksi utama berdasarkan nilai UTBK dan kelengkapan berkas;
- Tunggu dan cek pengumuman hasil seleksimu sesuai jadwal yang ditentukan melalui akunmu di website PMB Trisakti;
- Jika kamu dinyatakan lulus dan diterima, langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran biaya kuliah melalui VA yang tertera di akun SPMB-mu.
- Lakukan proses registrasi ulang sebagai mahasiswa baru Universitas Trisakti.
- Selamat, kamu resmi menjadi mahasiswa dan siap mengikuti perkuliahan!
5. Jalur KIPK
Biaya pendaftaran: Tidak dikenakan biaya pendaftaran
Awal Pendaftaran: 16 Juni 2025
Akhir Pendaftaran: 17 Agustus 2025
Program KIP-K adalah bantuan biaya pendidikan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) yang ditujukan khusus bagi calon mahasiswa dengan potensi akademik unggul, tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.
Universitas Trisakti sangat mendukung program ini dan bahkan menanggung kekurangan biaya pendidikan jika ada selisih antara bantuan KIP-K dengan biaya riil, untuk setiap mahasiswa penerima KIP-K hingga lulus (maksimal 8 semester atau 4 tahun) selama memenuhi syarat yang berlaku.
Namun, perlu diingat, KIP-K ini memiliki KUOTA terbatas yang ditetapkan oleh pemerintah.
Persyaratan umum:
- Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat pada tahun berjalan atau maksimal 2 (dua) tahun terakhir;
- Memiliki keterbatasan ekonomi yang dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) saat SMA/SMK, atau terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial, atau memenuhi kriteria lain yang ditetapkan Kemdikbudristek;
- Wajib terdaftar pada sistem aplikasi KIP-Kuliah Kemdikbudristek di website resmi KIP-Kuliah dan sudah memiliki nomor pendaftaran KIP-K;
- Tidak sedang menerima bantuan biaya pendidikan atau beasiswa lain yang bersumber dari APBN/APBD atau dari Universitas Trisakti sendiri.
- Bersedia dan berhasil lolos seleksi internal sebagai calon penerima KIP-K di Universitas Trisakti, baik seleksi akademik maupun verifikasi kelayakan ekonomi.
Prosedur pendaftaran:
- Mendaftar secara online di website resmi KIP-Kuliah Kemdikbudristek di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. Ikuti semua prosedurnya hingga kamu mendapatkan Nomor Pendaftaran KIP-K.
- Setelah itu, kamu juga harus mendaftar sebagai calon mahasiswa baru Universitas Trisakti melalui https://spmb.trisakti.ac.id/. Pilih jalur pendaftaran KIP-K.
- Isi biodata dirimu dengan lengkap dan unggah semua berkas persyaratan yang diminta oleh sistem SPMB Trisakti. Dokumen utama yang dibutuhkan antara lain:
- Scan rapor kelas 10, 11, dan 12 (semester 1 s.d. semester 5 atau 6);
- Nomor pendaftaran KIP-K dari Kemdikbudristek;
- Dokumen pendukung kondisi ekonomi, seperti KIP, bukti terdaftar DTKS, dll;
- Dokumen identitas diri lainnya.
- Setelah melengkapi pendaftaran di SPMB Trisakti, kamu akan mendapatkan status sebagai Calon Mahasiswa Pendaftar Beasiswa KIP-K Universitas Trisakti.
- FEB dan program studi akan melakukan seleksi, meliputi verifikasi data, seleksi kelayakan akademik berdasarkan nilai rapor, serta seleksi kelayakan sebagai penerima KIP-K sesuai ketentuan Kemdikbudristek dan kuota yang tersedia.
- Badan Administrasi Akademik (BAA) Universitas Trisakti akan melakukan verifikasi akhir berdasarkan kuota dan memproses statusmu sebagai calon mahasiswa yang diusulkan untuk menerima beasiswa KIP-K di situs web KIP-Kuliah Kemdikbudristek. Akhirnya, Rektor akan menetapkan daftar mahasiswa penerima KIP-K.
- Jika kamu dinyatakan lolos dan ditetapkan sebagai penerima KIP-K, kamu wajib melakukan registrasi ulang sebagai mahasiswa baru Universitas Trisakti.
Masih Ada yang Bikin Bingung? Tim Admisi FEB Trisakti Siap Bantu!
Sudah membaca semua penjelasan tentang cara daftar, jalur masuk, dan persyaratannya, tapi masih ada satu atau dua hal lain yang bikin kamu bingung?
Tenang saja, kamu bisa bertanya ke tim admisi FEB Trisakti yang siap menjawab semua pertanyaan dan keraguanmu seputar proses pendaftaran konsentrasi Bisnis Digital S1 Manajemen.
Jangan sungkan untuk menghubungi mereka, ya!
Untuk informasi lebih lengkap, kamu juga bisa mengunjungi Instagram @pimbfeb.usakti dan @bisnis_digitalusakti.
Yuk, segera daftarkan dirimu dan jadilah bagian dari Manajemen FEB Universitas Trisakti!